Selasa, 31 Juli 2012

Hal yang bisa buat kita jadi lebih dewasa

Remaja itu masa2 dimana sifat kita lagi di tengah2, dalam arti masih labil sifatnya. ya sifatnya kadang ke kana2an, terkadang jadi dewasa abis itu eh berubah lagi jadi ini, itu sifatnya, haha itu wajar soalnya masih dalam tahap perubahan sifat. hal yang gimana supaya orang itu jadi ga labil lagi? atau dia berubah jadi lebih dewasa? wajib di ketahui tuh...


Hal-hal yang bisa buat kita jadi lebih dewasa itu ada beberapa macam:



Yang Pertama, kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk. maksutnya ,kita bisa nentuin sesuatu hal dan kita bisa bedain kedua itu, dan orang itu bisa memilih dan membedakanya yang mana yang baik buat dia.

Yang kedua, kita bisa memprioritaskan yang terutama dan yang pertama. Mana yang harus dilakuakan terlebih dahulu, mana yang dapat diakhirkan seperti begitu.

Yang ketiga, kita dapat menyelesaikan diri kita sendiri dan dapat pula membantu menyelesaikan masalah orang lain (terutama orang terdekat) tanpa merugikan salah satu pihak

Yang keempat, tidak lari dari masalah. karena jika kita lari dari suatu masalah, itu bukan orang yang dewasa, alangkah baiknya kita bisa menyelesaikan masalah itu.

Yang kelima, kita dapat berlaku adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tidak teargeasa-gesa, tapi juga tidak bertele-tele

Yang keenam, sayang terhadap diri kita sendiri dan peduli terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. jika kita bisa melakukan itu kita bisa berlaku dewasa.

Yang ketujuh, taat menjalankan ibadah. Menjauhi apa yang dilarang dan manjalankan apa yang diperintahkan Tuhan dan Rasulallah. Rajin pula dalam melaksanakan amalan sunnah. Terutama Ini sangat penting untuk berubah jadi dewasa.

Yang kedelapan, lebih mementingkan orang lain ketimbang diri sendiri. Jadi jangan egois dalam suatu hal.

Yang kesembilan, Kita bisa bertanggung jawab atas suatu masalah yang terjadi.

Yang kesepuluh, menambah ilmu pengetahuan kita dan kita harus bisa berbuat yang baik.

Jadi ada 10 hal yang bisa buat kita jadi dewasa, mungkin bisa bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar